Math and Sains
BAHAN
KAJIAN SAINS :
Pemahaman tentang Unsur dan Keindahan
TEMA
: Seni
SUB TEMA : Belajar tentang Menggabungkan Warna-Warna
SUB TEMA : Belajar tentang Menggabungkan Warna-Warna
·
Siswa
dapat membedakan warna primer (merah, kuning, biru)
·
Siswa
dapat menyebutkan warna baru hasil penggabungan (warna sekunder)
·
Siswa
dapat member contoh benda yang berwarna merah, kuning, , hijau, oranye dan
coklat.
TUJUAN PEMBELAJARAN :
TUJUAN PEMBELAJARAN :
· Membantu anak memahami tentang
Unsur-Unsur Warna serta keindahan dari perbedaan warna tersebut
· untuk membantu aspek-aspek perkembangan
pada diri anak seperti aspek kognitif, bahasa, serta social emosial anak.
·
untuk mengenalkan unsur keindahan dari
warna-warna yang berbeda-beda
·
anak mampu mengklasifikasikan berbagai
warna
Pembelajaran dengan memperhatikan pilar pendidikan dari UNESCO, namun disini dipilih hanya 2 pilar saja, yaitu :
1. Learning to know. Karena pembelajaran ini bersifat pengenalan unsur,
maka tujuan pembelajaran yang hendak dicapai adalah agar anak usia dini mampu
mengenal dan memahami bahwa unsur unsur keindahan terdapat pada warna yang
berbeda-beda.
2. Learning to do. Dengan memperhatikan demonstrasi yang dilakukan oleh
guru dan mencobanya sendiri, anak diharapkan mampu membedakan warna primer dan
sekunder.
MODEL PEMBELAJARAN :
Inkuiri dengan pendekatan demonstrasi dan percobaan ilmiah sederhana.
Gelas plastik berukuran seperempat 15 buah
Satu botol pewarna makanan ( Hijau )
Satu botol pewarna makanan (merah muda )
Satu botol pewarna makanan ( jingga )
Stik es cream
3 botol air
PROSEDUR PELAKSANAAN :
1.
Sebelum
melakukan percobaan, rangsang anak untuk mulai bertanya-tanya hal hal dasar
tentang warna ,misal nya dengan bernyanyi “ pelangi-pelangi” karena di dalam
nya terdapat unsur penyebutan warna-warna
2.
Setelah
itu bertanyalah pada anak tentang warna apa saja yang di sebutkan dalam lagu
tersebut.
3.
Jika anak-anak
sudah mulai banyak berbicara,bagikan setiap anak gelas plastic yang telah di
sediakan tadi
4.
Lalu
isi setengah gelas setiap anak dengan air
5.
Siapkan
gelas plastik ke dalam 3 bagian , untuk di setiap gelas nya di isi pewarna
makanan yang berbeda-beda itu
6.
Bagikan
setiap anak stik es krim
7.
Gelas
plastic yang telah di isi warna- warna, seperti 3 gelas di isi warna merah muda
, 3 gelas di isi 3 gelas warna hijau , 3 gelas di isi warna jingga
8.
Saat
warna- warna tadi sudah di tuangkan pada tiap-tiap gelas plastik, bertanyalah
pada anak “ warna apa dalam gelas ini ? “
agar anak mampu mengenal warna tersebut .
9.
Tanyakan
juga tentang warna kesukaan setiap anak
10.
sembilan
gelas plastic tadi, bagikan dalam 3 kelompok masing-masing warna , dekat kan
dengan meja si anak
11.
jika
tiap-tiap gelas yang berisi berbeda warna sudah dekat dengan meja
anak,instruksikan anak untuk mencolek satu warna lalu tuangkan pada gelas plastic
yang berisi air yang si anak punyai.
12.
Aduk
aduk 1 warna tersebut, setelah itu
instruksikan anak untuk mencolek satu warna selanjutnya, untuk di campurkan
dengan warna yang awal
13.
Guru menjelaskan
dengan nada merangsang anak “ Apa yang terjadi yaah,jika warna hijau di campur
dengan warna merah muda ??”
14.
hasil
anak akan berbeda karena melihat saat mencampurkan warna, volume warna yang di
masukkan ke dalam air yang berbeda juga tiap anak nya
15.
bertanyalah
satu persatu pada anak “ warna apa itu ? “
16.
anak
menjawab satu persatu ´jadi warna hijau tua bu “
17.
setelah
satu warna selesai,cobalah untuk menggabungkan kembali warna jingga kedalam
campuran tadi.
18.
lakukan
cara-cara tadi untuk mencampurkannya,bertanya kembali lah pada anak “ merah
muda, di campur warna hijau jadi hijau tua,lalu jika di campur jingga jadi apa
yah ?”
19.
tunjukkan
hasil bu guru di depan anak-anak “ jadi warna coklat “
20.pencampuran tiga warna pun selesai
21.
evaluasi
ank-anak kembali, dengan mengecek semangat nya dan bertanya kembali mengenai warna-warna tadi .
22.setelah semua nya selesai bombing anak-anak
untuk bersama-sama membereskan alat-alat dan bahan nya ke samping kelas,agar
terlihat rapih.
23.jika di lihat semua nya sudah terlihat
kondusif lagi, tutup pembelajaran dengan penuh semangat dan jangan lupa review
materi sedikit.
24.berdoa dan tutup.
Komentar
Posting Komentar