Metafisika

Apa itu Metafisika  ?

Metafisika ilmu tentang being qua being. Disebut juga dengan nama filsafat pertama (First Philosophy). Ia berasal dari kata yunani, meta ta physica, yang berarti berada di belakang benda-benda fisik, yang bergerak dan beruba-ubah. Aristoteles  menggunakan filsafat pertama (protophilosophia). Juga di kenal sebagai pengetahuan tentang sebab, adanya (ousia), tentang hal-hal abadi yang tidak bisa di gerakkan atau teologi. Metafisika juga adalah studi tentang makna, struktur dan prinsip dari segala sesuatu yang ada sejauh ada. Metafisika berasal Bahasa Yunani yakni meta artinya setelah atau di balik dan phisika artinya hal-hal di alam. Metafisika adalah cabang filsafat yang mempelajari penjelasan asal atau hakekat objek (fisik) di dunia.
Cristian Wolff membagi metafisika dilihat sebagai ilmu? pertanyaan ini muncul karena ada orang menyangsingkan keilmiahnya lantaran bersifat terlalu abstrak. Kita menemukan kira-kira dua jawaban :
1.      Metafisika tidak bisa dikatakan sebagai ilmu, kalau ilmu itu dipahami sebagai ilmu, kalau ilmu itu dipahami sebagai sesuatu yang bersifat pasti dan final.
2.      Sebaliknya dia bisa dikatakan sebagai ilmu, bila yang di maksudkan dengan ilmu adalah suatu penelitian yang dikaitkan dengan sikap dan metode tertentu.
Archie Bahn, dalam karyanya Metaphysics: An Introduction (1986), Mengatakan bahwa suatu kegiatan baru disebut ilmu kalau ia mencakup enam kegiatan baru disebut ilmu kalau ia mencakup enam karakteristik berikut ini :
1.   Problem
2.   sikap
3.   metode
4.   aktivitas
5.   pemecahan
6.   pengaruh.

Jadi, Metafisika bagi ilmu pengetahuan adalah  bahwasannya metafisika mengajarkan car berpikir yang cermat dalam pengembangan ilmu (tak kenal titik henti).


sumber :Tafsir ahmad. 2008. Filsafat Umum. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pohon Filsafat

Discussion text

Ciri Berpikir filosofis dan Gaya Berfilsafat