Manusia Unggul

"Manusia Unggul"


Era globalisasi bisa dikatakan era yang bersifat horizontal, inklusif dan sosial. Era yang telah diisi dengan keberagaman keahlian manusia dan kompleksitas permasalahan sosial. Era yang penuh persaingan dan menyeluruh pada semua aspek kehidupan masyarakat. Menyambut era globalisasi membutuhkan usaha yang tidak mudah. Pasalnya, persaingan yang kompetitif akan menyertai setiap detik kehidupan. Oleh karena itu, setiap orang harus membekali diri dalam rangka memenangkan kompetisi di era globalisasi sekarang ini.
Kompetisi tidak hanya terjadi di lingkungan kerja yang bersifat kekantoran, tetapi juga di dunia bisnis, khususnya wirausaha atau lebih populer dengan kata entrepreneurship.  Kompetisi yang sehat akan menghasilkan hasil yang baik. Sebaliknya kompetisi yang tidak sehat akan memperburuk suatu keadaan. Di lingkungan kerja, kompetisi umumnya terjadi dengan sesama karyawan disuatu kantor. Kompetisi horizontal dalam sebuah kantor merupakan persaingan dalam rangka mencari kedudukan yang lebih tinggi.  Dalam dunia bisnis, kompetisi seringkali terjadi karena persaingan antar produk dan pemasaran.
Meski demikiann, yang utama adalah sumber daya manusia yang selalu bekerja secara  profesional. Sumber daya Manusia yang profesional akan mencetak manusia unggul. SDM ini selalu berorientasi pada kemajuan yang dapat meningkatkan kualitas pribadi seseoran. Bagi suatu instansi baik negeri ataupun swasta, apabila institusi mereka mempunyai banyak sumber daya manusia yang expert dibidangnya, maka institusi mereka akan mengalami pertumbuhan yang signifikan baik mulai produk, pelayanan dan sebagainya.
Manusia unggul adalah manusia yang mempunyai berbagai kelebihan. Keunggulannya tidak hanya memiliki satu kelebihan. Melainkan memiliki berbagai skill yang dibutuhkan. Manusia unggul ini selalu berorientasi menjadi yang terdepan. Dan, Manusia unggul pastinya berbeda dengan manusia pada umumnya. Perbedaan manusia unggul umumnya terletak pada kemampuan yang dimiliki baik skill dalam menyelesaikan segala persoalan dengan tepat dan cepat maupun kemampuan dalam hal berinovasi menciptakan sesuatu yang baru.

Tidak sedikit cara yang dapat digunakan untuk menjadi manusia unggul. Artinya, berbagai cara dapat dijadikan sebagai pedoman dalam mengembangkan keunggulan kualitas pribadi. Yang pertama, manusia yang dalam hidupnya selalu bersumber pada Al Qur’an dan Al Hadist. Memahami dan selalu membaca Al Qur’an dapat menciptakan keunggulan kualitas pribadi karena Al Qur’an merupakan sumber kehidupan yang lengkap dan sempurna.
Menciptakan pemikiran yang selalu berorientasi pada inovasi dan menjadi inovator bagi manusia lainnya.  Dalam berkompetisi, tidak cukup seseorang hanya mengandalkan pada keahlian pada bidang tertentu, sehingga perlu melakukan inovasi yang dapat membuat perbedaan dengan orang lain pada umumnya. Berinovasi merupakan suatu tanda bahwa seseorang tidak ingin hidupnya selalu mendatar. Inovasi selalu menunjukkan jalan pemikiran yang selalu maju dan tidak menginginkan kualitas hidupnya seperti pada hal yang dilakukan orang biasa pada umumnya. Manakala kita selalu berinovasi maka kita akan menjadi pribadi yang luar biasa.
Memiliki skil yang excellent. Skill yang tidak berdasar pada kemampuan pada umumnya. Tetapi, skill yang dimiliki oleh manusia unggul merupakan skill yang tidak dimiliki oleh orang lain. Sebagai contoh, era globalisasi ini kita memerlukan suatu skill bahasa yang tidak dipunyai masyarakat pada umumnya. Hal ini dapat dilakukan dengan menguasai bahasa asing lebih dari tiga bahasa, misalnya bahasa inggris, bahasa arab dan bahasa mandarin.
Berbagai keuntungan akan mendampingi Manusia unggul tatkala mereka bersaing dengan orang lain. Manakala kita melihat dari namanya saja manusia unggul, hal ini menunjukkan bahwa manusia tersebut unggul dari para pesaingnya. Meski demikian, yang paling pokok adalah Menjadi manusia unggul yang selalu bersumber pada al qur’an dan al hadist akan mengantarkan keselamat an kehidupannya dunia dan akherat. Pasalnya, mereka selalu berorientasi pada ilmu pengetahuan. Sebagaiamana disebutkan dalam Al Qur’an bahwa ilmu pengetahuan merupakan amalan yang tidak pernah terputus.

Berangkat dari pemaparan diatas, manusia unggul merupakan manusia yang memiliki kualitas yang tentunya tidak dimiliki manusia pada umumnya. Mereka selalu berusaha dan bekerja keras untuk menjadi yang terbaik. Disamping itu, Manusia unggul tentunya memiliki ilmu pengetahuan yang luar biasa. Manakala bangsa indonesia memiliki banyak manusia unggul, maka bangsa kita tidak hanya dapat bersaing dengan negara maju di era globalisasi ini, tetapi juga bisa menjadi negara inovator bagi negara maju. manusia unggul ini akan memberikan kontribusi yang besar bagi bangsa. Bagaimana anda menyikapinya?


sumber :
Abidin zainal.2014. Filsafat Manusia, Bandung; PT Remaja Rosdakarya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pohon Filsafat

Discussion text

Ciri Berpikir filosofis dan Gaya Berfilsafat