Math and Sains

BAHAN KAJIAN SAINS : Pemahaman tentang Unsur dan Keindahan

TEMA                    :    Seni

SUB TEMA               : Belajar tentang Menggabungkan Warna-Warna

INDIKATOR                         
·         Siswa dapat membedakan warna primer (merah, kuning, biru)
·         Siswa dapat menyebutkan warna baru hasil penggabungan (warna sekunder)
·         Siswa dapat member contoh benda yang berwarna merah, kuning, , hijau, oranye dan coklat.

TUJUAN PEMBELAJARAN :
·    Membantu anak memahami tentang Unsur-Unsur Warna serta keindahan dari perbedaan warna tersebut
·    untuk membantu aspek-aspek perkembangan pada diri anak seperti aspek kognitif, bahasa, serta social emosial anak.
·         untuk mengenalkan unsur keindahan dari warna-warna yang berbeda-beda
·         anak mampu mengklasifikasikan berbagai warna

Pembelajaran dengan memperhatikan pilar pendidikan dari UNESCO, namun disini dipilih hanya 2 pilar saja, yaitu :
1. Learning to know. Karena pembelajaran ini bersifat pengenalan unsur, maka tujuan pembelajaran yang hendak dicapai adalah agar anak usia dini mampu mengenal dan memahami bahwa unsur unsur keindahan terdapat pada warna yang berbeda-beda.
2. Learning to do. Dengan memperhatikan demonstrasi yang dilakukan oleh guru dan mencobanya sendiri, anak diharapkan mampu membedakan warna primer dan sekunder.

 MODEL PEMBELAJARAN : Inkuiri dengan pendekatan demonstrasi dan percobaan ilmiah sederhana.

ALAT DAN BAHAN:
Gelas plastik berukuran seperempat 15 buah
Satu botol pewarna makanan ( Hijau )
Satu botol pewarna makanan (merah muda )
Satu botol pewarna makanan ( jingga )
Stik es cream
3 botol air

PROSEDUR PELAKSANAAN :
1.     Sebelum melakukan percobaan, rangsang anak untuk mulai bertanya-tanya hal hal dasar tentang warna ,misal nya dengan bernyanyi “ pelangi-pelangi” karena di dalam nya terdapat unsur penyebutan warna-warna
2.    Setelah itu bertanyalah pada anak tentang warna apa saja yang di sebutkan dalam lagu tersebut.
3.    Jika anak-anak sudah mulai banyak berbicara,bagikan setiap anak gelas plastic yang telah di sediakan tadi
4.    Lalu isi setengah gelas setiap anak dengan air
5.    Siapkan gelas plastik ke dalam 3 bagian , untuk di setiap gelas nya di isi pewarna makanan yang berbeda-beda itu
6.    Bagikan setiap anak stik es krim
7.    Gelas plastic yang telah di isi warna- warna, seperti 3 gelas di isi warna merah muda , 3 gelas di isi 3 gelas warna hijau , 3 gelas di isi warna jingga
8.    Saat warna- warna tadi sudah di tuangkan pada tiap-tiap gelas plastik, bertanyalah pada anak “ warna apa dalam gelas ini ? “  agar anak mampu mengenal warna tersebut .
9.    Tanyakan juga tentang warna kesukaan setiap anak
10. sembilan gelas plastic tadi, bagikan dalam 3 kelompok masing-masing warna , dekat kan dengan meja si anak
11.  jika tiap-tiap gelas yang berisi berbeda warna sudah dekat dengan meja anak,instruksikan anak untuk mencolek satu warna lalu tuangkan pada gelas plastic yang berisi air yang si anak punyai.
12. Aduk aduk  1 warna tersebut, setelah itu instruksikan anak untuk mencolek satu warna selanjutnya, untuk di campurkan dengan warna yang awal
13. Guru menjelaskan dengan nada merangsang anak “ Apa yang terjadi yaah,jika warna hijau di campur dengan warna merah muda ??”
14. hasil anak akan berbeda karena melihat saat mencampurkan warna, volume warna yang di masukkan ke dalam air yang berbeda juga tiap anak nya
15. bertanyalah satu persatu pada anak “ warna apa itu ? “
16. anak menjawab satu persatu ´jadi warna hijau tua bu “
17. setelah satu warna selesai,cobalah untuk menggabungkan kembali warna jingga kedalam campuran tadi.
18. lakukan cara-cara tadi untuk mencampurkannya,bertanya kembali lah pada anak “ merah muda, di campur warna hijau jadi hijau tua,lalu jika di campur jingga jadi apa yah ?”
19. tunjukkan hasil bu guru di depan anak-anak “ jadi warna coklat “
20.pencampuran tiga warna pun selesai
21. evaluasi ank-anak kembali, dengan mengecek semangat nya dan bertanya kembali  mengenai warna-warna tadi .
22.setelah semua nya selesai bombing anak-anak untuk bersama-sama membereskan alat-alat dan bahan nya ke samping kelas,agar terlihat rapih.
23.jika di lihat semua nya sudah terlihat kondusif lagi, tutup pembelajaran dengan penuh semangat dan jangan lupa review materi sedikit.
24.berdoa dan tutup.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pohon Filsafat

Discussion text

Ciri Berpikir filosofis dan Gaya Berfilsafat